March 19, 2012

TIPS MEMILIH TELUR YANG MASIH SEGAR


Supaya telur yang kita konsumsi mempunyai manfaat dan kandungan gizi yang tinggi pilihlah telur yang masih segar dan baru. Untuk bisa mengetahui kesegaran telur ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. yuk kita simak beberapa tips berikut ini :


  • Pilihlah telur dengan tekstur cangkang/kulit yang bersih, berwarna cerah, tidak ada bintik-bintik hitam, dan cangkang/kulitnya tidak retak.
  • Jangan membeli telur yang sudah mengeluarkan bau busuk. Telur yang sudah busuk punya aroma yang sangat menyengat. Jika saat menggunakan indra penciuman masih kurang yakin, pecahkan dan tuang ke mangkuk supaya lebih yakin apakah kondisi telur masih segar atau tidak.
  • Jika di goncangkan tidak menimbulkan suara berarti telur tidak mengandung udara dan dipastikan telur masih segar. Sedangkan pada telur yang sudah tidak segar jika digoncangkan akan berbunyi karena adanya udara didalam telur.
  • Jika dilihat didepan cahaya/lampu pada telur yang masih segar posisi kuning telur terletak ditengah karena telur yang masih segar mempunyai kekentalan yang masih bagus. Sedang pada telur yang sudah tidak segar kekentalannya berkurang dan cenderung encer sehingga posisi kuning telur akan bergeser ke pinggir.
  • Telur yang masih segar akan tenggelam jika direndam dalam air, ini dikarenakan tidak ada rongga udara didalamnya. Sedangkan pada telur yang sudah tidak segar banyak rongga udara sehingga telur akan terapung.

No comments:

Post a Comment