March 13, 2012

MANFAAT LIDAH BUAYA


Tanaman lidah buaya atau biasa disebut aloe vera merupakan tumbuhan asal dari Afrika. Tanaman lidah buaya merupakan jenis tanaman berduri yang mempunyai bagian daging buah yang berlendir. Lidah buaya mempunyai efek menghilangkan rasa sakit (analgetik) dan meningkatkan kekebalan tubuh (imunostimulan).
Bagian lendir atau bagian gel dari lidah buaya ini mempunyai khasiat untuk menyembuhkan luka biasa, luka bakar, dan eksim.
Bagian gel dari lidah buaya dapat menjadi pertolongan pertama pada luka bakar, saat tersiram air panas, atau saat terkena sengatan matahari. Cukup tempelkan daging lidah buaya pada kulit yang sakit.  Rasa dingin dari gel ini akan membantu proses penyembuhan.
Lidah buaya juga berguna untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tidak menjadi kering dan terjaga elastisitasnya. Penggunaan secara teratur dapat membuat kulit menjadi sehat dan cantik. Selain itu lidah buaya dapat digunakan sebagai masker wajah karena mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini. 
Sedangkan untuk rambut lidah buaya dipercaya dapat membuat rambut menjadi sehat dan lebat. cukup gosokkan bagian daging buah lidah buaya kekulit kepala biarkan beberapa saat lalu keramaslah seperti biasa.
Itulah beberapa manfaat lidah buaya dari sekian banyak manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman berduri dan berlendir ini.

No comments:

Post a Comment