March 17, 2012

MANFAAT GARAM


Garam merupakan butiran halus seperti pasir yang berwarna putih berasa asin. Selain sebagai bumbu penyedap rasa ternyata garam juga bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat dari garam yaitu :
  • Sebagai antiseptic
Garam bisa dijadikan antiseptik untuk mengurangi rasa sakit di saat kita terkena sengatan serangga seperti lebah, nyamuk, dan serangga beracun lainnya. Campurkan garam ke dalam 1 gelas air hangat, kemudian bersihkan bagian yang terkena sengatan tadi dengan air garam menggunakan kapas atau kain yang lembut. Biarkan beberapa saat, setelah itu cuci bersih dengan air hangat.
  • Sebagai obat kumur
Bubuhi sedikit garam ke dalam gelas yang berisi air hangat, lalu pakailah sebagai obat kumur. larutan garam ini bisa digunakan bila kita terkena radang tenggorokan atau sakit gigi.
  • Sebagai pemutih gigi
Taburkan garam ke ujung bulu sikat gigi lalu gosokkan ke gigi. Gigi yang terlihat kusam akan kembali cemerlang.

Ternyata selain mempunyai manfaat untuk kesehatan ternyata garam juga berbahaya jika terlalu berlebihan saat mengkonsumsinya. Kadar garam yang berlebihan di dalam tubuh akan dikeluarkan, hal ini juga mengakibatkan kalsium turut keluar. Jika terus berlangsung akan menyebabkan kepadatan tulang berkurang. Jika berlangsung terus-menerus akan menyebabkan osteoporosis(keropos tulang)
setiap orang sebaiknya mengurangi konsumsi garam dalam menu hariannya. Diet mengurangi garam akan meminimalkan resiko terkena hipertensi.



1 comment: