April 14, 2016

MENGATASI ALERGI KULIT SECARA ALAMI

Banyaknya bakteri yang menumpuk di dalam kulit menjadi faktor utama yang menyebabkan alergi atau gatal pada kulit akibat kebersihan yang kurang terjaga.
Alergi atau gatal kulit seringkali dipandang sebelah mata oleh para penderitanya karena dianggap akan cepat sembuh. Alergi atau gatal kulit ini bisa menjadi berbahaya apabila tidak ditangani dengan cepat. Alergi pada kulit yang tidak ditangani dapat mengakibatkan penyakit lanjutan seperti dermatitis.
Alergi bisa terjadi karena di dalam tubuh manusia terdapat antigen. Antigen merupakan zat yang merangsang sistem imunitas sehingga dapat menghasilkan antibodi. Adanya gangguan atau aktivitas berlebihan pada antigen akan menimbulkan reaksi sensitivitas atau kepekaan yang berlebihan seperti gatal-gatal di bagian kulit.
Beberapa penyebab alergi adalah faktor keturunan, lingkungan , dan makanan yang dikonsumsi. Faktor keturunan merupakan faktor yang paling banyak berpengaruh terhadap terjadinya alergi. Sedangkan faktor lingkungan yang berkaitan dengan terjadinya alergi diantaranya adalah polusi udara, kebersihan lingkungan atau binatang yang ada disekitar lingkungan kita.
Berbagai tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi gatal akibat alergi :
- Mentimun
Parut mentimun lalu tempelkan pada kulit yang gatal. Sensasi dingin yang terkandung dalam mentimun dapat mengurangi rasa gatal.
- Cuka apel
Campurkan beberapa tetes cuka apel dengan sedikit air kemudian oleskan pada bagian kulit yang gatal.
- Kulit pisang
Gosokkan kulit pisang pada kulit yang gatal.
- Lemon.
Campurkan air lemon dengan minyak kelapa setelah itu oleskan campuran ini pada bagian-bagian tubuh yang mengalami gatal-gatal akibat alergi biarkan semalaman, lalu bilas.
- Kunyit yang sudah tua
Caranya kunyit ditumbuk bersama daun sambiloto sampai halus. Oleskan hasil tumbukan itu pada bagian-bagian tubuh yang mengalami gatal.
Jika dengan cara diatas alergi di kulit tidak kunjung membaik, segera konsultasi kepada dokter.


No comments:

Post a Comment