April 17, 2016

MANFAAT KULIT PISANG

Mungkin banyak yang belum tahu jika kulit pisang yang selama ini kita anggap sebagai sampah ternyata memiliki manfaat luar biasa. Keberadaannya kerap dianggap sebelah mata bahkan dianggap sampah yang tak berguna. Kulit pisang banyak mengandung vitamin B, B6, C, magnesium, zat besi, fospor dan kalsium. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan kulit pisang yang baru saja di kupas. Selain untuk merawat tubuh dan kecantikan, ternyata masih kulit pisang juga bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah seperti :
- Memutihkan gigi
Gosokkan bagian dalam kulit pisang ke permukaan gigi dengan melakukan gerakan melingkar selama dua hingga lima menit. Setelah itu bersihkan dengan cara menggosok gigi. Lakukan cara selama satu sampai dua minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
- Menghaluskan wajah
Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada seluruh permukaan wajah sebelum tidur secara merata. Biarkan selama semalam, lalu cuci keesokan harinya dengan air hangat. Niscaya kulit wajah akan terasa segar.
- Mengobati Luka
Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada bagian kulit yang luka. Biarkan sebentar setelah itu cuci bersih. Lakukan berulang sampai lukanya sembuh.
- Mengobati jerawat
Gosokkan kulit pisang bagian dalam pada kulit yang berjerawat. Lakukan secara rutin sampai jerawatnya hilang.
- Mengobati memar pada kulit
Kulit pisang mengandung antioksidan alami yang membantu untuk peremajaan kulit dan menyembuhkan memar pada kulit bagian luar. Cukup dengan menempelkan kulit pisang pada kulit yang memar. Biarkan selama beberapa jam setelah itu bilas dengan air bersih.
- Mengobati kemerahan pada kulit
Gosokkan kulit pisang bagian dalam pada area kulit yang kemerahan. Biarkan beberapa jam kemudian bilas. Lakukan selama beberapa hari sampai sembuh.
- Mengobati Sakit Kepala
Kulit pisang di tumbuk lalu tempelkan pada dahi. Lakukan cara ini hingga sakit kepala anda menghilang.
- Menghilangkan stress
Kulit pisang juga mengandung triptofan yang memperbaiki suasana hati dengan cara menaikan kadar serotonin. Serotonin inilah zat yang bertanggung jawab menyeimbangkan emosi dan mood seseorang.
Caranya jus kulit pisang dengan tambahan air hangat lalu minum segera.
- Mengobati bekas gigitan nyamuk
Tempelkan kulit pisang pada kulit dan diamkan kurang lebih 15 menit setelah itu cuci dengan air bersih.
- Menghambat Kerutan pada Wajah
Ambil atau kerok bagian dalam bagian dalam kulit pisang kemudian tambahkan dengan satu sendok teh  madu murni. Oleskan campuran tersebut ke kulit wajah. Diamkan 15 menit lalu bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan 3 kali dalam seminggu.
 - Mengkilapkan Sepatu
Gosokkan kulit pisang bagian dalam pada sepatu seperti menggunakan semir sepatu, maka sepatu anda mengkilap kembali.

Ternyata banyak sekali manfaat dari kulit pisang ini. Mudah-mudahan anda akan berfikir dua kali jika mau membuang kulit pisang. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment